header ads

Jaringan Komputer dan Jenis-Jenisnya

Pixabay

Jaringan Komputer mungkin sudah tidak menjadi sesuatu yang awam lagi saat ini. Hal ini dikarenakan hampir di setiap perusahaan, perkantoran, bahkan di kampus, sekolah dan perumahan terdapat jaringan komputer yang dipakai untuk memperlancar arus informasi sehingga kita bisa saling berinteraksi atau berbagi data dan informasi dengan mudah dan cepat.

Pengertian Jaringan

Jaringan Komputer adalah sekumpulan komputer, serta perangkat perangkat elektronik yang saling terhubung sebagai kesatuan sistem. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel yang memungkinkan pengguna jaringan komputer bisa saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan software/hadware yang terhubung dengan jaringan.

Jaringan komputer bisa pula didefinisikan sebagai penghubung antara dua atau lebih komputer yang memiliki satu tujuan utama yaitu berbagi data. Dengan kata lain, jaringan komputer adalah kombinasi software dan hardware komputer.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Secara umum jaringan komputer terdiri dari lima jenis, yaitu :

  • Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN) adalah jaringan yang hanya mencakup wilayah yang kecil/hanya mencakup satu gedung saja, seperti pada suatu kampus, sekolah atau warnet.
Jaringan LAN merupakan jaringan komputer yang sering digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation di dalam suatu perusahaan untuk memakai suatu perangkat secara bersama-sama (misal : printer) juga untuk saling bertukar informasi di dalam suatu area. Biasanya jaringan LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet dan umumnya jaringan LAN ini luas areanya tidak jauh dari 1 km persegi.
Google
  • Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN) pada dasarnya adalah versi LAN yang berukuran lebih besar karena jaringan ini tidak hanya mencakup satu gedung saja melainkan bisa mencakup 1 kota dengan dibekali kecepatan transfer data yang tinggi. Jaringan MAN hanya memiliki satu atau dua kabel dan tidak dilengkapi dengan elemen switching yang berfungsi membuat rancangan menjadi lebih simple. Jangakauan dari jaringan MAN ini berkisar 10-50 km.
Google
  • Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN) adalah jaringan yang jangkauannya tidak hanya satu gedung atau kota saja melainkan mencakup daerah geografis yang luas, seperti sebuah negara bahkan benua. Jaringan WAN umumnya digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal sehingga pengguna bisa berkomunikasi dengan pengguna lain meskipun berada di lokasi yang berbeda. Karena luasnya jangkauan dari jaringan WAN ini, maka jaringan ini biasanya menggunakan kabel fiber optic yang dipasang melewati jalur laut atau ditanam di dalam laut. 
Google

  • Internet dan Intranet

Internet adalah jaringan komputer yang global ini dikarenakan jaringan Internet merupakan jaringan komputer yang sudah terhubung secara mendunia. Internet bisa dikatakan suatu perpaduan antara berbagai jenis jaringan komputer beserta topologi dan tipe yang saling berhubungan satu sama lain. Dengan jaringan Internet ini kita bisa berkomunikasi dan metransfer data atau file dengan lebih mudah selain itu penyampaian informasi pun menjadi lebih cepat.

Intranet adalah jaringan pribadi (private network) dimana akan menggunakan internet untuk saling berbagi dan bertukar informasi di dalam jaringan lokal. Intranet juga termasuk ke dalam salah satu jaringan LAN (Local Area Network) yang mana hanya bisa mencakup wilayah kecil saja.
Google
  • Wireless (Jaringan Tanpa Kabel)
Wireless ini merupakan jenis jaringan yang tidak menggunakan kabel melainkan menggunakan media transmisi data sebagai jembatan untuk berbagi informasi atau data. Adapun media yang digunakan seperti gelombang radio, infrared, bluetooth, dan microwave. Wireless juga bisa difungsikan kedalam jaringan LAN, MAN, ataupun WAN. Wireless ditujukan untuk kebutuhan mobilitas yang tinggi dan tidak terlalu memerlukan kabel jaringan sehingga memberikan kenyamanan pada penggunanya.
Google

Editor : Dita Izaty Rizkiyani


Referensi :
  • Swadaya Murni. LKS KKPI Kelas XII SMK / 1718-1
  • https://www.nesabamedia.com/pengertian-jaringan-komputer/
  • http://blog.unnes.ac.id/mirarahmawati/2017/02/06/dasar-jaringan-komputer/


Post a Comment

0 Comments