header ads

7 Perangkat Jaringan dan Fungsinya

Perangkat Jaringan adalah semua peripheral atau perangkat-perangkat tambahan yang terhubung ke dalam suatu sistem jaringan komputer untuk melakukan komunikasi data.
Kita pasti membutuhkan beberapa perangkat jaringan komputer untuk bisa membuat suatu jaringan komputer.

Ada banyak perangkat yang dibutuhkan untuk membuat suatu jaringan dimana masing-masing perangkat tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Dan berikut ini akan saya bahas beberapa perangkat jaringan komputer beserta fungsi-fugsinya.

1. Router

Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan internet menuju tujuannya, proses ini dikenal sebagai routing/menuju perangkat lain. Tugas router adalah untuk meneruskan paket data antar jaringan komputer.

Fungsi utama router adalah sebagai alat pembagi suatu ip address secara statis atau memakai DHCP ke seluruh perangkat komputer yang sudah terhubung dengan router.

2. Switch
Switch adalah perangkat jaringan sederhana yang digunakan sebagai penghubung multi tipe pada komputer yang bekerja pada protokol layer jaringan dasar. Switch dapat digunakan untuk memeriksa dengan teliti setiap paket data yang diteriam komputer atau jaringan.

Switch berfungsi sebagai pengatur dan pembagi sinyal data dari suatu komputer ke komputer lain yang terhubung dengan sebuah jaringan, dan juga sebagai penyaring data yang terkirim antar komputer pada sebuah jaringan.

3. Access Point
Access point adalah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Atau bisa dibilang sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan alat-alat dalam suatu jaringan, dari dan ke jaringan Wireless.

Secara garis besar, access point berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).

4. Repeater

Repeater adalah alat yang berguna untuk menguatkan signal. Dengan repeater, signal yang lemah dapat ditingkatkan daya jangkaunya sehingga dapat digunakan untuk cakupan wilayah yang lebih luas.

Fungsi repeater adalah memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercover oleh sinyal dari server agar bisa menangkap sinyal WIFI.

5. Bridge

Bridge adalah suatu alat yang dapat menghubungkan jaringan komputer LAN dengan jaringan LAN yang lain. Bridge juga dapat men-copy frame data yaitu dari suatu jaringan yang lain, dengan alasan jaringan itu masih terhubung.

Bridge berfungsi menghubungkan 2 buah jaringan komputer LAN yang sejenis, ataupun berbeda dan terpisah, sehingga dapat memiliki satu jaringan LAN yang lebih besar dari ketentuan konfigurasi LAN tanpa bridge. Selain itu bridge juga dapat berfungsi sebagai router pada jaringan komputer yang luas, atau dikenal dengan istilah Bridge-Router.


6. Network Interface Card (NIC)

NIC merupakan sebuah perangkat keras jaringan, yang secara fisik berbentuk seperti sebuah kartu ekspansi, yang memungkinkan setiap komputer dapat terhubung dengan suatu jaringan dengan menggunakan kabel jaringan.


Fungsi utama NIC adalah sebagai converter atau pengubah aliran data yang berbentuk parallel menjadi aliran data yang berbentuk serial.


7. Wireless Card

Wireless Card adalah sebuah perangkat yang memberikan konektivitas nirkabel pada PC maupun laptop.Wireless card akan memudahkan kita untuk melakukan koneksi, karena dengan menggunakan perangkat ini user tidak perlu menggunakan dan membawa kabel kemana-mana untuk sekedar menghubungkan ke sebuah jaringan.

Fungsi Wireless Card pada laptop yaitu menghubungkan laptop pada jaringan tanpa menggunakan kabel, selain itu wireless juga dapat menerima sinyal dari penrangkat lain agar laptop dapat terhubung ke jaringan komputer atau jaringan internet.




Editor : Dita Izaty Rizkiyani



Referensi :
  • https://pintarkomputer.id/17-perangkat-jaringan-komputer-dan-fungsinya/
  • https://www.utakatikotak.com/kongkow/detail/9238/Pengertian-Switch-Fungsi-Serta-Kegunaannya
  • https://nyantaidulu.com/perangkat-jaringan-komputer/
  • https://pengertiandefinisi.com/pengertian-repeater-dan-fungsinya/
  • http://www.pengertianku.net/2015/05/pengertian-bridge-dan-fungsinya-secara-lengkap.html
  • https://dosenit.com/jaringan-komputer/hardware-jaringan/pengertian-nic
  • http://www.teorikomputer.com/2016/01/pengertian-dan-fungsi-wireless-card.html

Post a Comment

0 Comments